Service Printer Canon Hasil Cetak Putus-putus (Cartridge Tersumbat)


Mengesalkan memang bila pada saat mem-print lalu kemudian mendapat hasil cetak yang Putus-putus atau bahkan tidak ada (buram) baik itu untuk cartridge hitam maupun warna, dan parahnya lagi hal itu masih juga tetap terjadi meskipun cartridge baru saja di Isi Ulang Tinta / Refill.

Hal seperti ini sebenarnya sudah sering saya alami pada jenis printer canon iP2770, dan karena kebetulan ada juga yang menanyakan melalui kotak komentar pada artikel Resetter dan Cara Reset Canon PIXMA MP287, jadi sekalian saja saya share dalam post tutorial ini untuk sekedar berbagi.

Jika mendapati hasil cetak printer putus-putus atau buram, silahkan di cek dulu apakah tinta pada cartridge masih ada atau memang sudah minim. kalau memang masalah terjadi karena tinta sudah minim yah cukup lakukan pengisian ulang tinta saja. Tetapi apabila sudah dilakukan Refill namun hasilnya masih sama, maka kemungkinan cartridge printer bermasalah jadi coba lakukan tips berikut ini

Lakukan cek noise/print head noise melalui menu maintenance di windows

  1. Isi cartridge dengan tinta terlebih dahulu (jangan terlalu penuh)
  2. Masuk “Control Panel > Printer & Faxes”, kemudian klik kanan diriver printer lalu pilih “Printing Preference” kemudian pilih tab “Maintenance”
  3. Pada halaman Maintenance, lakukan pembersihan head dengan cara pilih satu persatu “Cleaning, Deep Cleaning, Print Head Alignment, Nozzle Check” (pilih satu persatu yah, tiap proses cek dan pembersihan akan memakan waktu beberapa detik)
    Canon Maintenance Cartridge
  4. Jika menggunakan Infus, pastikan selang aliran tinta tdk putus2. (istilah biasanya : masuk angin)
  5. Matikan printer, kemudian lalu hidupkan kembali

Jika proses diatas sudah dilakukan namun masih bermasalah, itu berarti head cartridge mengalami penyumbatan yang biasa disebabkan oleh tinta terlalu kental atau ada tinta yang kering didalamnya, jadi solusinya lakukan pembersihan cartridge printer dengan cara:

Pembersihan head printer yang tersumbat

  1. Lepaskan cartridge dari printer
  2. Lengketkan tisyu kering pada head cartridge (bagian keluarnya tinta dan ingat jangan sekali-kali menggosok bagian ini, karena akan merusak, jadi cukup di tempelkan saja)
  3. Biarkan tisyu tersebut beberapa menit meresap tinta untuk mengeluarkan tinta yang menyumbat
  4. Untuk memastikan saluran tinta berjalan dengan lancar, anda bisa melakukan sekali lagi dengan cara mengisi tinta kemudian resapkan tinta dengan tisyu
  5. Setelah saluran tinta di rasa berjalan dengan lancar, silahkan lakukan pengisian tinta lalu pasang kembali ke Printer
  6. Silahkan cetak beberapa document, dan kalau bisa untuk pertama kali ngeprint, gunakan setting dengan kualitas print tinggi (Quality Print > High).

Kalau masih bermasalah, lakukan pembersihan head printer yang tersumbat dengan cara berikut:

  1. Sediakan air panas di piring datar
  2. Celupkan head (bagian keluarnya tinta) ke dalam air panas kira-kira 0,5 cm (jangan terlalu dalam agar tidak merusak cartridge. contoh pada gambar, air jangan sampai menyentuh pada bagian chip). air akan berubah menjadi keruh, karena dampak dari mencairnya tinta yang mengendap/kering.
    Cartridge Air Panas
  3. Buang air yang sudah keruh dan ganti dengan air yang baru, kemudian rendam kembali head cartridge. Lakukan berulang-ulang sampai air rendaman tidak berubah warna lagi
  4. Angkat cartridge lalu bersihkan dan keringkan menggunakan tisyu (ingat jangan pernah menggosok bagian head dan jangan pula menyentuh bagian chip cartridge)
  5. Setelah bersih dan kering, Refill dan pasang kembali cartridge pada printer lalu silahkan lakukan pengetesan cetak document.

Sumber : http://techno.internetberitaku.com/printer-scanner/service-printer-canon-hasil-cetak-putus-putus-cartridge-tersumbat/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s